Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Konversi Julian Sipil


Sebenarnya program konversi Julian Date ke Sipil (Masehi) atau sebaliknya ini sudah lama saya buat. Namun saya kira akan lebih bermanfaat jika program sederhana ini bisa di share kan kepada orang lain, daripada harus menghuni brangkas hardisk pribadi. Syukur-syukur bisa mendapat kritik serta saran yang konstruktif kedepan untuk semakin lebih baik.

Adanya perubahan kalender julian menjadi gregorian memang menjadi permasalahan tersendiri ketika hendak membandingkan peristiwa astronomis yang terpaut jarak  yang lama. Oleh karena itu Julian Date masih sangat diperlukan dalam perhitungan-perhitungan astronomis. Untuk keterangan tentang gregorian dan julian bisa dibaca di sini Ringkasan Julian dan Gregorian. 

Penanggalan Julian Date (JD) dihitung mulai 1 Januari 4713 SM. Tahun 4713 SM itu berarti sama dengan tahun -4712. Unit waktunya adalah hari, yang mana suatu hari julian dimulai jam 12:00 UT (tengah hari).

Berikut ini merupakan program konversi Julian-Masehi, Masehi-Julian yang terbilang amat sederhana, namun justru karena sederhana tersebut menjadikan program ini mudah untuk digunakan. Anda tinggal memasukkan data-data yang ingin anda konversikan.

Program Konversi Julian Sipil, bisa di download di sini.

Post a Comment for "Program Konversi Julian Sipil"