Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memotret Milkyway Menggunakan Kamera Smartphone

Banyak yang bertanya pake kamera apa, tidak sedikit pula yang mengira pake kamera dslr. Tidak, saya hanya pakai kamera Hp.

Jika kalian sedang membaca tulisan ini saya dapat pastikan kalian sedang penasaran tentang bagaimana caranya motret Milkyway atau Bimasakti. Sebagai pecinta astronomi keinginan untuk memotret Milkyway saya sudah lama muncul, sering kali saya harus naik gunung untuk bisa menikmati Milkyway ini. Karena di gunung bebas dari polusi cahaya. Sebenarnya di desa tempat saya tinggal juga kelihatan, hanya saja di atas gunung bentangan Milkyway bisa terlihat jelas dan terang dilihat pakai mata telanjang sekalipun, karena saat itu belum tahu caranya memotret Mikiway moment indah itupun tak terdokumentasikan.

Balik lagi soal motret Milkyway. Apabila kebetulan kalian punya Kamera sekelas DSLR atau Mirrorless kalian harus bersyukur. Karena foto-foto Milkiway yang banyak beredar di inet kebanyakan adalah hasil jepreten DSLR dengan berbagai macam tipe, artinya kalian bisa berkesempatan untuk mengikuti jejak seperti mereka. Kalau tidak punya? tenang saja minimal masih bisa mengikuti jejak saya. Tulisan ini memang ditujukan bagi kalian yang tidak memiliki kamera mahal tapi berkeinginan untuk memotret Milkiway, hanya dengan mengandalkan kamera Smartphone. Bisa? Bismillah bisa.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Smartphone
Jelas. Judulnya aja "Memotret Milkyway Menggunakan Kamera Smartphone". Pastinya harus memiliki smartphone terlebih dahulu. Dalam hal ini yang perlu digaris bawahi adalah Tidak semua kamera smartphone bisa digunakan untuk memotret Milkyway. Kenapa? Karena tidak semuanya memiliki fitur yang mendukung untuk memotret Milkyway. Pada dasarnya kamera yang memiliki settingan manual dan support Long eksposure berpeluang besar bisa digunakan untuk memotret Milkyway, jika Smartphone kalian terdapat mode manual dan support long eksposure sangat mungkin untuk digunakan memotret Milkyway. Maka sebelum mencobanya kalian harus paham spesifikasi dan fitur kamera smartphone kalian dahulu. Ada banyak sensor yang biasa dibenamkan pada kamera smartphone, diantaranya sensor sony, sensor samsung, omnivis

Settingan manual dalam hal ini adalah adanya pengaturan Eksposure yang meliputi ISO, Aperture, dan Shuttr Speed. Sekilas saja pengertianya, ISO adalah ukuran seberapa sensitif sensor kamera terhadap cahaya, Aperture adalah seberapa besar lensa terbuka saat foto diambil, sedangkan Shutter Speed adalah rentang waktu saat shutter di kamera anda terbuka. Ketiga-tiganya dikenal sebagai segitiga emas dalam dunia fotografi. Kebalikan mode manual adalah Mode auto. Khusus untuk Aperture pada smatphone besifat fix (bawaan sononya) tidak bisa diubah, contoh: f/1.8, f/1.9, f/2.0 dll.
Mode manual pada kamera smartphone (Xiaomi mi4)  yang saya gunakan

2. Tripod atau gorillaPod
Memotret Milkyway akan sulit didapat jika tidak menggunakan tripod, alternatif lain bisa di sandarkan. Dibutuhkan kestabilan ekstra selama kamera smartphone mengambil gambar. Goyang sedikit maka hasilnya akan blur. Semua jenis tripod bisa digunakan, baik kecil maupun besar asal ada tempat (holder) atau jepitan Smartphone.
Tripod yg saya gunakan, baik kecil maupun besar sama-sama bisa buat smartphone 
3. Pilih waktu memotret
Kapan? pastinya malem. Karena Milkyway hanya bisa terlihat pada malam hari. Bukan berarti kalau siang tidak ada Milkyway, hanya saja karena terangnya sinar Matahari membuatnya jadi tidak terlihat. Tanggal berapa? Hari-hari dimana bulan tidak ada adalah waktu yang tepat untuk hunting Milkyway, karena cahaya dari ratus milyar bintang redup dalam gugus Milkyway tidak akan terganggu terangnya cahaya bulan, ambil lah saat bulan mati, bulan muda/tua, atau saat bulan belum terbit/sudah tenggelam. Jam berapa? Pastikan saat itu Milkyay masih berada di atas horizon (ufuk)

4. Pilih lokasi yang ideal
Lokasi yang ideal adalah lokasi yang gelap dengan view langit yang luas. Bisa di pinggir pantai, di atas gunung, tanah lapang, halaman rumah, area sawah, kebun dan lain-lain. Akan menjadi lebih baik jika sementara lampunya di matikan terlebih dahulu (jika ada).

Saatnya Eksekusi.

Setelah persiapan dan perlengkapan semua beres, saatnya eksekusi. Pertama tentukan lokasi yang diinginkan, dirikan tripod usahakan rata, kemudian pasang smartphone di tripod, ya pokoknya begitulah tidak harus urut, terserah. Sampai di situ belum cukup, kalian harus tau di mana posisi Milkyway, untuk mengetahuinya biasanya dengan hanya mengamati langit menggunakan mata telanjang saya bisa tahu posisi Milkyay berada, namun jika kesulitan bisa menggunakan aplikasi bantuan, seperti Stellarium baik yang buat PC atau Android, aplikasi SkyMap, Starchart dll (Pastikan Gps hp anda aktif ). Setelah posisi Milkyway diketahui pilih angle yang diinginkan, mainkan komposisi dalam frame, bisa juga memanfaatkan latar depan rumah, pohon, orang dll.

Setelah angle di dapat, saatnya setting kamera Smartphone. Pilih mode Manual, atur Eksposure time nya kisaran 16s-32s, kemudian set ISO ke 1600-3200, setting fokus menjadi infinity.

Besaran angka eksposur time (Shutter speed) dan ISO akan saling mempengaruhi hasil foto nantinya. Tips dari saya, jika kondisi sekitar benar-benar gelap gunakan Shutter speed 32s, dan ISO 3200, dan jika masih ada agak terang-terangnya gunakan Shutter Speed 16s-32s, dan ISO 1600. Shutter yang lama memungkinkan hasil bintang akan trail (bergaris), jika itu terjadi untuk shutter speed bisa di turunkan lagi. Untuk foto bintang saja iso mulai 100 sudah cukup. Pada prinsipnya efek Iso tinggi adalah muncul banyaknya noise, maka jika dirasa noise berlebih tinggal turunkan isonya.

Fokus infinity (Tak hingga) ini berfungsi untuk memfokuskan objek yang sangat jauh dan secara khusus sulit untuk dicari fokusnya, laiknya Milkyway ini. Setelah kamera smartphone disetting, tekan tombol shutter dan biarkan kamera smartphone anda bekerja memproses foto hingga selesai. Kemudian lihat bagaimana hasilnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Beberapa foto Milkyway yang saya ambil menggunakan kamera smartphone:
*Untuk foto-foto lain bisa cek di ig saya @sidquns.









89 comments for "Memotret Milkyway Menggunakan Kamera Smartphone"

  1. Wooww... Pake smarthone nya apa om?

    ReplyDelete
  2. Woow mantep banget om.. Pake smartphone apa om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om,
      Saya pakai mi4w. Namun bberapa device lain juga bisa.

      Delete
    2. om, di hp xiaomi r3pro iso nya max 800, ada aplikasi buat membantu iso lebih besar ga?

      Delete
    3. Maksimal iso sama shutter tiap hape memang berbeda. Bberapa aplikasi yg bisa d coba, manual camera, footej camera, bacon camera, freedcam, dll

      Delete
    4. Mi4 w ? Emang ada Om ? Setauku adanya ya Mi4i Mi4c Mi4s

      Delete
    5. Ada, mi4 w seri mi4 tp msih 3G, blm 4G. Spesifikasi lain sama

      Delete
    6. Di mi4c ane kok speed shooternya sama aja yah gan.. Mau di seting berapa second pun tapi kagak ada yg 32s adanya 30s..

      Delete
  3. Flashnya aktif atau mati ?

    HP andromax A (5 MP CMOS BSI "gak punya fitur low light jadi terlalu extreme untuk motret galaxi") saya isonya bisa diatur sampe 800 tapi untuk shutter speednya gak bisa di atur jadi harus pake bacon camera atau Camera FV-5.

    ReplyDelete
  4. Sky map cara pake nya gimana ya min biar tau posisi milkyway nya?

    ReplyDelete
  5. Sky map bisa digunakan untuk mengetahui posisi bintang, planet, rasi, meteor sower dll. Tp tdk ada visual milkywaynya. Klo mw yg ada visual milkyway nya bisa gunakan apps stellarium/star chart.

    ReplyDelete
  6. kalau redminote 3 bisa ga mas? iso nya max 3200, tapi saya coba foto ga muncul milkyway nya mas, mohon pencerahan, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua seri redmi saat ini baik yg biasa sampe yg pro tidak support utk long eksposure.

      Delete
    2. Yaaaah.. Redmi Pro nggak bisa ya?
      padahal kan sensor mumpuni kayanya 😔

      Delete
  7. Mas klo xiaomi note 1w , gimana mas ? Trus pengaturan kamera nya gimana mas ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Note 1w yg ap ya?
      Klo yg d maksud redmi note maka blm support. Yg support utk xiaomi baru seri mi, itu pun ndk semua seri mi.

      Delete
  8. kok yang ane Eksposure time cuma 2s yah ane mi4i

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Iphone 5 ad fitur manual setting nya ndk pda kamera my?
      Utk motret milkyway di perlukan settingan manual pd kamera spt Shutter speed dan Iso

      Delete
  10. Replies
    1. Spt nya blm bisa mas ...
      D butuhkan settingan manual pada kamera dan long exposure utk mendapatkan foto Milkyway :)

      Delete
  11. Sya pengguna redmi note 4, pakai aplikasi fv-5. Settingan ny ap saja gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya utk seri redmi blm bsa utk foto Milkyway :)

      Delete
  12. Please reply gan. Pengen cba moto milkyway. Hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bru buka dan nge balas, Utk pertanyaan yg mana ya?

      Delete
  13. Xiaomi redmi 3 pro bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pda dasarnya utk xiaomi seri redmi blm bsa utk foto Milkyway, namun ad yg pernah nge tweak sehingga bsa d buat long exposure. Hanya saja tdk semua bisa.
      Silahkan bsa dilihat d sini: https://m.youtube.com/watch?v=etjCd5salKg

      Delete
  14. Xiaomi redmi 3 pro bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm bisa, hanya saja prnh ada yg nyoba ngoprek reno 3 pro shngga bisa utk Long exposure, tp itu ndk semua reno 3 pro bisa.

      Delete
  15. om juga pemakai dslr? saya kok bingung yaa om kalo pake dslr mau ambil photo milky way.
    tolong tutornya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dslr blm punya. Hnya saj temen sdh bnyk yg punya.
      Untuk settingan sama aja, utk bukaan pake bukaan yg paling besar, fokuss di bikin infinity, utk lensa nya lebih baiknya pake yg wide,krn nntinya angle yg di dapat lebar dg noise yg dikit.

      Delete
  16. Oppo neo4 bisa gak?
    Max isonya 1600, max shutter speednya 16 detik
    Trus paparan itu apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus ada juga yang pake cara foto trus edit di photoshop itu gimana ya?

      Delete
    2. Iso buat tingkat kecerahan..
      Shutter speed buat ksh kesempatan lensa hp nyerap cahaya dr objek/lingkungan sekitar sehingga kelihatan lebih jelas. Mode manual cocok buat malem hari.

      Hasil capture milky way dr hp biar lebih jelas n noisex g bnyak biasax di edit pake adobe lightroom...ada di playstore.

      Delete
  17. Klo pk shutter 16s + iso 3200..di mi4c, bintang/galaksi ud bs kelihatan belum om?

    ReplyDelete
  18. Gan minta saranya untuk hp xiaomi yang bagus dan murah untuk memotret milky way apa ya

    ReplyDelete
  19. Klo pke sony z3+/z4 gmn caranya gan?

    ReplyDelete
  20. Bang nur, klo pke manual camera, footej, bacon camera, freedam itu brapa2 pake bang? Iso, shuter, sma focusnya?
    Gw pke samsung j7 prime����

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk settingan sama aj, tinggal hp nya support ap ndak thdp aplikasinya

      Delete
  21. Gan kalo xiaomi redmi 4A (bukan note) bisa ga?

    ReplyDelete
  22. HP TERMURAH BUAT MOTRET MILKY WAY APA YA ?

    ReplyDelete
  23. Sorry gan,Capslock jebol

    ReplyDelete
  24. Mi4c Udah bisa belum gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa klo kameranya d tweak ss bsa sampe 16detik

      Delete
  25. Replies
    1. Coba d cek settingan kameranya d manual ada shutter speed ama iso ndk.. Klo ad smpe brp.. Setahu saya blm bisa

      Delete
  26. MI4 LTE bisa gk untuk foto milkyway?
    iso & LE mentok sampai berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Klo yg pake sensor nya sony bisa sampe 32 s, Iso sampe 3200

      Delete
  27. Bang sy pengguna Mi Mix sebelumnya sy berhasil foto milky Way pake Mi Note Bamboo.. nah yg mau sy tanyakan, di Mi Mix ISO 3200 exposure time hanya sampe 1/4s.. ada app tambahan ga buat nambah exposuretime sampe 32s.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mi max denger" memang ngg bisa.
      Tp bisa coba aplikasi, freedcam, bacon camera, manual camera siapa tw bisa.

      Delete
  28. Mi4c kalo di tweak mentog cuma 16d. Udah bisa foto milky belum?
    Kalo di tweak sampe 32d bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Sdh banyak sy lihat ygfoto Milkyway pake mi4c. Utk smpe saat ini tweak mi4c cmn sampe 16s, ada kemungkinan memang sdh jd batas maksimalnya.

      Delete
  29. Nice Blog Om 👍.Saya pakai Oppo A57 sudah bisa dapetin Milkywaynnya di settingan 16s ISO 1600, itupun harus diedit dulu di lightroom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih :)
      Maaf ya, untuk akhir" ini jarang update post lg

      Delete
  30. foto milkyway pake mi4c kok milkyway gak keliatan ya gan, cuma keliatan bintang2 aja. ane pake settingan iso 1600 shutter 16s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkn tidak mengarah ke Milkyway. Untuk foto Milkyway juga harus menyesuaikan waktu kapan Milkyway ada, hindari cahaya bulan dan arahkan kamera hp k milkyway. Bisa pake bantuan aplikasi stellarium/starchart dll

      Delete
  31. Kalo pake asus zenone live bisa gak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. join aja di Mobile astrophotography https://web.facebook.com/groups/1090897204371780/

      Delete
  32. Ss 4 detik bisa gak?

    ReplyDelete
  33. Klo minote4x ane sensor samssung bisa ga? Klo bisa pke apk apa? Mohon pencerhanya :D

    ReplyDelete
  34. Klo minote4x ane sensor samssung bisa ga? Klo bisa pke apk apa? Mohon pencerhanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum bisa ..

      join aj d sini https://web.facebook.com/groups/1090897204371780/?fref=nf

      Delete
  35. Selain xiaomi smartphone apa aja gan yang support buat foto bintang dan galaksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ...
      join aja di Mobile astrophotography {grup fb}

      Delete
  36. Replies
    1. join aja di Mobile astrophotography {grup fb}

      Ada banyak dibahas disana.

      Delete
  37. Foto yg diambil memakai kamera iPhone tidak bisa di edit share
    Ini Penyebabnya

    ReplyDelete
  38. Replies
    1. bisa ..

      silahkan join aja di Mobile astrophotography {grup fb}

      Ada banyak dibahas disana.

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Harus di root ya bg baru bisa dapat 32s di mi4w?

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Kalau Xiaomi MI A1 bisa gk mas,kalau bisa tolong kasih pencerahannya

    ReplyDelete
  43. Kalau untuk hp tipe oppo a39 gmna kkak?

    ReplyDelete
  44. Kalo hp xiaomi mi a1 bisa ngga gan ?

    ReplyDelete
  45. Nokia 6.1 plus bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
  46. klo pakai Redmi 4a gmna??padahal ane udah aktfin Camera 2 api ny..apakah bisa?

    ReplyDelete