Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbang dari Aceh, Dosen Falak UIN Ar-Raniry Belajar di Menawan Selama 3 Hari

Dosen Ilmu Falak UIN Ar-Raniry Banda Aceh terbang dari Aceh guna mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas laboran pusat studi Falak di Observatorium Yanbu'ul Qur'an,  Pondok Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Menawan (27-29 Juli 2023). 

Riza Afrian Mustaqim, M.H. yang juga mejabat sebagai wakil ketua Pusat Studi Falak UIN Ar-Raniry memilih Observatorium Yanbu'ul Qur'an bukanlah tanpa suatu alasan, "Saya memilih Observatorium Yanbu'ul Qur'an karena saya melihat track record-nya yang bagus dan selalu concern melakukan pengamatan benda-benda langit", Jelasnya.  

Riza Afrian Mustaqim, M.H didampingi langsung oleh Kepala Observatorium Yanbu'ul Qur'an 

Selama di Menawan Riza mendapatkan pelatihan tentang pengoperasian teleskop untuk pengamatan objek-objek langit dalam, dan juga bagaimana caranya persiapan, pengambilan data, hingga pengolahan data citra. "Saya ingin teleskop falak yang selama ini ada di lab falak kita tidak hanya digunakan untuk hilal saja, tetapi juga bisa digunakan untuk pengamatan objek-objek langit lainnya", imbuhnya.   

Praktik langsung pengamatan Nebula di Observatorium

Sebagaimana diketahui Observatorium Yanbu'ul Qur'an selain melakukan pengamatan atau observasi hilal, juga rutin melakukan pengamatan benda-benda langit lain laiknya Planetary Object, Galaksi, Bintang, Komet, Meteor, Nebula, Deepsky Object, dan benda-benda langit lainya.

1 comment for "Terbang dari Aceh, Dosen Falak UIN Ar-Raniry Belajar di Menawan Selama 3 Hari"