Brown Canyon, Grand Canyonya Semarang

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi cerita mengenai penjelajahan saya. Sebenarnya gini-gini saya juga tipe orang yang suka berjelajah (wuizzz..prokk..prokk :D). Mengunjungi tempat-tempat yang baru yang bisa membuat hati saya berdecak kagum, adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Namun untuk pertama kali saya akan menggoreskannya dalam sebuah goresan cerita sederhana.

Akhir pekan bingung mau maen kemana? Bosen maen ke Mall atau bosen nongkrong di situ-situ mulu? Atau memang lagi bokek? Bagi sobat yang teridentifikasi sindrom tersebut bisa simak cerita saya. Karena yang saya akan ceritakan adalah suatu tempat yang mungkin merupakan hal baru bagi sobat, dan sobat merasa perlu untuk mengunjunginya. Tentunya Free !! tidak butuh biaya. Tidak termasuk bensin ..he


Brown Canyon, begitulah tempat ini tenar disebut. Namun bukan Grand Canyon yang terdapat di Colorado, Amerika Serikat. Jika Grand Canyon adalah sebuah ngarai raksasa, maka Brown Canyon adalah sebuah bekas penggalian. Terletak di sudut Semarang yang lumayan jauh dari perkotaan. Tepatnya di Desa Rowosari, Meteseh, Semarang timur.


Rute untuk kesana, khususnya bagi yang baru pertama kali akan terasa sedikit membingungkan. Namun jika katakanlah start dimulai dari Simpang lima (simpang lima Semarang pasti tahu kan?) maka ambil yg mau ke arah penggaron atau pedurungan. Atau kalau yang masih bingung ambil jalan Ahmad Yani (ke arah RRI). Nah setelah masuk jalan Ahmad Yani, lurus saja. Terus lurus jangan tolah toleh ndak nabrak ..wkwk (nggk lucu) . Ada pertigaan, lurus saja. Ada bangjo lurus aja. Mungkin sobat akan merasa khawatir salah jalan, meskipun begitu tetap lurus saja, ikuti jalan. Hingga akhirnya nemu pertigaan Penggaron, namun belum sampai terminalnya. Pertigaan penggaron ambil kanan, maka kita akan masuk jalanan menuju perumahan pucang gading.

Setelah itu. Emm...  saya lupa detailnya .hhe (maaf L). Sobat bisa tanya-tanya kepada orang di sana, di sekitar perum Pucang gading. Tentang arah mau ke Brown Canyon, atau kalau dia nggak tahu ya arah mau ke Penggalian (atau bisa searching lg ). Ikuti saja petunjuknya. Yang jelas jika sobat lewat jalan yang mulus, bak jalan tol. Dapat dipastikan sobat sedang salah jalan, karena jalan menuju Brown Canyon jelek. Jalannya tak rata, bergelonjal, dan bergelombang bekas lewatan truk-truk besar pengangkut batu dan tanah. (not recomended bagi kendaraan ceper)
Brown Canyon Semarang dilihat dari Google Earth
Setelah tiba di lokasi, rasa pegel dan capek sobat selama perjalanan akan hilang seketika ketika mata sobat disapu oleh pemandangan indah disana, tebing-tebing yang menjulang, cerukan-cerukan lebar dan dalam, bak bekas tubrukan hujan meteor akan memberikan sensai berbeda dalam mata sobat. Maka saat itu sobat akan tahu, bahwa tidak satu jengkal pun yang boleh lolos dari telapak kaki sobat!.

Kisah dalam foto:
Mentari mengintip di sela-sela tebing brown canyon








Selamat berkunjung di Brown Canyon, jangan lupa bawa snack serta minuman untuk disantap disana :)

1 comment for "Brown Canyon, Grand Canyonya Semarang"

Comment Author Avatar
This comment has been removed by the author.