Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Arah Kiblat Universal

Jika sebelumnya saya membagikan Program konversi Julian Sipil, dalam kesempatan ini saya akan membagikan sebuah program sederhana lagi, yakni program arah kiblat Universal. Bagi sebagian orang menghitung arah kiblat mungkin mudah, namun di sebagian yang lain dan ini lebih terkhusus kepada orang awam pasti akan mengalami kesulitan jikalau ingin menghitung arah kiblat.

Harapanya semoga program sederhana ini nantinya bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin sekedar mengetahui berapa derajat sih arah kiblat Kotanya? mushollanya? rumahnya? ataupun kos-kosan nya? Syukur-syukur bisa mendatangkan kritik serta saran demi lebih baiknya program ini kedepan.

Sebenarnya dalam prakteknya menghadap kiblat itu tidak sesulit teorinya. Dalam prakteknya kita tidak begitu peduli sudah presisi kah kita dalam menghadap kiblat saat salat? dalam skala selisih busur menit saja, bagi sebagian kalangan bisa menjadi perdebatan yang berkepanjangan. Padahal jika diteliti, jangankan skala busur menit, bahkan bisa sampai beberapa derajat badan kita tidak sesuai dengan arah kiblat saat salat.

Tentu dalam hal ini saya tidak ingin mengatakan, bahwa dalam menentukan arah kiblat itu tidak harus tepat mak crep (bhs. jawa) ke arah Kakbah, karena bagaimanapun juga kita dalam mengukurnya diusahakan harus benar-benar semaksimal mungkin dan seakurat mungkin. Mengingat menghadap kiblat (mustaqbila al qiblati) merupakan salah satu syarat sah nya salat.


Dalam program arah kiblat yang saya buat ini adalah bersifat universal, jadi nanti tinggal memasukan data lingtang dan bujur tempat manapun yang ingin diketahui arah kiblatnya. Jika Lintang selatan maka pilih LS, jika Lintang utara maka LU. Begitu juga jika Bujur Barat pilih BB, jika Bujur timur Pilih BT.

Program Arah Kiblat Universalnya bisa di download di sini



Post a Comment for "Program Arah Kiblat Universal"